Thursday, September 21, 2006

Cinta dan Benci

Malaikat Jibril datang kepada Nabi Saw, lalu berkata, "Hai Muhammad, hiduplah sesukamu namun engkau pasti mati. Berbuatlah sesukamu namun engkau pasti akan diganjar, dan cintailah siapa yang engkau sukai namun pasti engkau akan berpisah dengannya. Ketahuilah, kemuliaan seorang mukmin tergantung sholat malam-nya dan kehormatannya tergantung dari ketidakbutuhannya kepada orang lain".(HR. Athbrani)
Hadist ini seakan ingin memperingatkan manusia, bahwasan tidak ada yang kekal, suatu hari akan ada "stasiun" terakhir dari perjalanan kehidupan ini, yang muda akan lah tua, yang hidup akan lah meninggal, yang cantik akan lah pudar kecantikan nya, yang gagah akan menjadi lemah, demikian hukum sunnatullah di dunia. Sekarang pertanyaan terbesar adalah bagaimana kita menjalani kehidupan ini??, karena hiduplah sesuka mu!!, tetapi..engkau akan mati, berbuatlah sekehendak mu!!, tetapi..engkau akan diganjar, dan cintailah..cintailah semua yang engkau sukai, tetapi..akan lah jua engkau berpisah dengan nya.

Manusia selalu erat dengan cobaan, akan timbul masa penuh dengan kesusahan, akan ada masa penuh kegembiraan, kedua-duanya adalah cobaan. Tidak ALLAH memberi cobaan kecuali untuk kebaikan diri hamba nya, tidak ALLAH memberi ujian kecuali untuk menambah kualitas diri hamba nya, dan tidak lah surga diciptakan kecuali untuk orang-orang yang telah terseleksi.

Jalani lah kehidupan dengan keikhlasan, ikhlas ini maha susah, ilmu maha tinggi yang tidak bisa didapat dengan teori-teori, harus dijalan kan, pun banyak yang gagal mendapatkan nya, tetapi toh usaha yang dinilai oleh NYA, dan setiap manusia memiliki kadar nya masing-masing.

Hadist dan pesan ini ditulis teruntuk diri sendiri, untuk menenangkan hati yang senantiasa terombang-ambing, ya Robb..anugrahkan kami ketenangan, anugrahkan hati yang senantiasa terikat kepada ENGKAU..amiiin


Da., 1.12.2005
RLN

No comments: